Database

 

Database adalah kumpulan data yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengakses, mengambil, dan menggunakan data.

 Teknologi database adalah teknologi yang dikembangkan secara khusus untuk mengolah database menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.

Contoh teknologi database, yaitu:

Web database

Server database pada mulanya hanya mendukung program internal perusahaan. Melalui website, kegunaan server database diperluas dengan adanya dukungan akses publik. Salah satu contoh dari pemanfaatan ini adalah transaksi online.

Software Database

Perkembangan tekonologi database membuat perkembangan software pengolahan databse ikut berkembang juga. Software database memberikan solusi tepat yang dapat mencakup seluruh kebutuhan bisnis. Dengan Software Database maka suatu manajemen yang lengkap dan terintegrasi dalam hal perencanaan, barang/stok, produksi dan keuangan, akan memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mengurangi biaya biaya operasional dan meningkatkan produktifitas, kualitas dan kontrol terhadap operasional perusahaan.

Database Management System adalah software yang mengijinkan penggunanya untuk membuat, mengakses, dan mengatur sebuah database.  Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :

MySQL

  MySQL merupakan salah satu perangkat lunak sistem manajemen basis data (database management system) atau DBMS yang menggunakan perintah standar SQL (Structured Query Language). Dimana MySQL mampu untuk melakukan banyak eksekusi perintah query dalam satu permintaan (multithread), baik itu menerima dan mengirimkan data. MySQL juga multi-user dalam arti dapat dipergunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Dengan sekitar enam juta instalasi di seluruh dunia. MySQL tersedia dalam perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public Lisence (GPL) dan juga menjual dalam lisensi komersial untuk keperluan jika penggunanya tidak cocok menggunakan lisensi General Public Lisence. Penggunaan MySQL yang merupakan sebuah database server sekaligus dapat sebagai client, dan dapat berjalan di multi-OS (operating system) memiliki keunggulan lainnya seperti OpenSource sehingga penggunanya tidak perlu membayar lisensi kepada pembuatnya. Dapat mendukung database dengan kapasitas yang sangat besar. Merupakan database management system (DBMS) yang mudah digunakan. Didukung oleh driver ODBC, sehingga database MySQL dapat diakses oleh aplikasi apa saja. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengakses MySQL diantaranya adalah dengan C, C++, Java, Perl, PHP, Phyton, dan APIs.

PhPMyAdmin

  PhpMyAdmin adalah suatu alat bantu open source yang ditulis dalam PHP yang digunakan untuk menangani administrasi basis data Mysql yang diakses melalui web browser (internet explorer, fireFox, opera, dan lain-lain). Fasilitas yang tersedia pada PhpMyAdmin saat ini adalah dapat membuat dan menghapus database, membuat, menghapus dan menambah tabel, menghapus, mengedit dan menambah field, melakukan berbagai macam perintah SQL, mengatur kunci pada field, mengatur akses (privileges), mengekspor data ke berbagai format.

Pengertian Database Bagi Pelaku Bisnis

Bagi pelaku bisnis, database merupakan kumpulan informasi penting yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Data supplier, data customer, dan stock barang di gudang adalah salah satu contoh database. Dengan database terkomputerisasi, kita dapat menyimpan banyak informasi dalam waktu singkat serta mencari data yang banyak dalam waktu singkat pula.

Database Kegiatan Penjualan modem

Dari kegiatan penjualan modem, kita membutuhkan data customer, tanggal transaksi, tipe barang yang ingin dibeli customer dan jumlah barang yang ingin dibeli oleh customer, tipe pembayaran yang ingin dilakukan  serta nama sales yang melakukan transaksi tersebut.  Adapun uraiannya sebagai berikut :

  • Data customer terdiri dari , nama customer, alamat, nomor telepon, dan email
  • Penjualan yang terdiri dari, tipe barang, jumlah barang, harga barang, tipe pembayaran, nama customer, nama sales, tanggal penjualan.
  • Data Sales terdiri dari, nama sales, divisi, tanggal masuk bekerja, alamat, nomor telepon, dan email
  • Data Barang terdiri dari, tipe barang, nama barang, kategori barang, dan deskripsi barang.

 

Dari data yang dianalisa dapat dibuat relasi sebagai berikut :

relationship

 

Sumber :

http://www.scribd.com/doc/16688000/Sstem-Informasi-DATABASE

http://www.wikipedia.org

Material, Lecturer Notes, Pengantar Teknologi Informasi week 5

About sinsong

Try not to become a man of success but a man of value - Albert Einstein
This entry was posted in Assignment and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *