Tugas modul ”Pengenalan Teknologi Informasi”

 

Jenis komputer yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Dalam beraktivitas selama kerja di PT. MLW Telecom saya menggunakan Personal Computer (PC) yang terhubung dalam jaringan kantor. Adapun komponen yang terdapat dalam Personal komputer yang saya gunakan untuk bekerja adalah sebagai berikut :


  • Input Devices

Merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi kedalam komputer, berupa satu Wireless Mouse, satu Keyboard dan satu barcode scanner.


  • System Unit

Merupakan kotak yang berisi komponen elektronik yang berfungsi untuk memproses data atau yang lebih sering dikenal dengan CPU dengan spesifikasi general Intel Pentium Core2 Duo, Memory 2GB.


  • Output Device

Merupakan komponen hardware yang menghasilkan atau menampilkan informasi untuk satu atau lebih orang, berupa satu LCD Monitor LG 15”, satu printer LX-300


  • Storage Device

Merupakan alat yang mencatat atau mengambil data dari storage media, berupa satu FlashDisk Kingston 8GB.


  • Communication Media

Merupakan komponen hardware yang memungkinkan komputer untuk mengirim data dan menerima data, instruksi dan informasi dari atau ke satu atau lebih komputer, berupa satu router D-Link.

 

Aktivitas dan Manfaat Komputer

Ø  Dari segi Jaringan dan Internet

Untuk semua operational kantor, kami menggunakan applikasi yang terpasang pada setiap karyawan yang dihubungkan langsung ke server applikasi melalui LAN(Local Area Network). Dengan Adanya jaringan kantor setiap karyawan terhubung satu sama lain, dan ini memudahkan saya untuk memperoleh data tim saya melalui sharing folder.

 

Sebagai perusahaan penyedia perangkat komunikasi (Communication Device), Internet sangat menunjang proses operational kami dengan sangat efektif. Dengan adanya internet memungkinkan kami untuk melakukan komunikasi yang efektif dan efisien untuk product development, marketing communication, pemesanan ke supplier, pelaporan ke manajemen, memberikan informasi ke customer/ distributor/ dealer terkait promo yang akan kita tawarkan.

 

Ø  Dari segi software

Adapun rincian mengenai applikasi yang digunakan  yang sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan saya adalah sebagai berikut :

  • Pencatatan barang keluar masuk barang dari Inventory yang dapat dilakukan dengan cepat,konsisten, akurat dan dipercaya.

Barang yang akan keluar/masuk ke inventory akan diinput terlebih dahulu kedalam applikasi kantor. Applikasi kantor saya merupakan applikasi visual basic yang menyimpan datanya kedalam SQL server. SQL Server memungkinkan kita untuk memyimpan data dengan rapi dan aman.

  • Pelaporan transaksi harian dan komunikasi dengan Supplier

Saya menggunakan Microsoft Outlook sebagai applikasi penunjang dalam komputer untuk mempermudah komunikasi dan pelaporan kepada manajemen melalui e-mail (Electronic Mail).

  • Pengolahan data

Saya menggunakan Microsoft Excel sebagai applikasi penunjang dalam komputer untuk mempermudah saya untuk mengolah data transaksi harian, bulanan dan tahunan yang cepat dan akurat sehingga akan sangat membantu saya untuk membuat Forecast(Perkiraan) pemesanan barang, menganalisa jumlah DOA(Defect On Arrival), menganalisa jumlah RMA (Return Material Authorization)

  • Merancang Struktur organisasi, merancang proses operational Produksi dan Inventory

Saya menggunakan Microsoft Visio sebagai applikasi penunjang dalam komputer untuk mempermudah saya untuk merancang struktur dan merancang proses operational di divisi saya sehingga memudahkan saya untuk menjelaskan visi dan misi saya kepada tim saya.

 

About sinsong

Try not to become a man of success but a man of value - Albert Einstein
This entry was posted in Assignment and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *