Pengenalan Hardware Komputer & Perkembangannya

 

Pengenalan Hardware Komputer & Perkembangannya

Sebuah komputer personal terdiri dari komponen fisik beberapa perangkat keras komputer, yang dapat diinstal perangkat lunak sistem yang disebut sistem operasi dan berbagai aplikasi perangkat lunak untuk menjalankan fungsi operator yang diinginkan. 
Adapun komponen yang umumnya terdapat pada Komputer adalah sebagai berikut :

1.      Monitor

2.      Motherboard

3.      CPU

4.      RAM

5.      Expansion Cards

6.      Power Supply

7.      Optical Disc Drive

8.      Hard disk Drive

9.      Keyboard

10.   Mouse

Motherboard 
Motherboard merupakan komponen utama dalam kasus ini. Ini adalah papan persegi panjang besar dengan sirkuit terintegrasi yang menghubungkan seluruh bagian-bagian dari komputer termasuk CPU, RAM, disk drive (CD, DVD, hard disk, atau lainnya) dan juga setiap periferal yang terhubung melalui port atau slot ekspansi. 


Komponen yang langsung melekat pada motherboard meliputi: 
Unit pengolah pusat (CPU) yang melakukan sebagian besar perhitungan yang memungkinkan sebuah komputer berfungsi, dan kadang-kadang disebut sebagai "otak" dari komputer. Hal ini biasanya didinginkan oleh heat sink dan kipas. 
ChipSet (Processor) menengahi komunikasi antara CPU dan komponen lainnya dari sistem, termasuk memori utama. 
RAM (Random Access Memory) menyimpan bagian dari penduduk (core OS dan sebagainya) yang sedang berjalan OS dan semua proses yang berjalan (aplikasi bagian, CPU menggunakan atau input / output (I / O) saluran atau menunggu untuk CPU atau I / O saluran 
). 
BIOS termasuk firmware boot dan manajemen daya. Dasar Input Output System tugas tersebut akan ditangani oleh sistem operasi. 
Internal Bus menghubungkan CPU berbagai komponen internal dan ekspansi untuk kartu grafis dan suara. 
[Sunting] Power supply 

Power supply unit (komputer) 
Di dalam komputer custom built: catu daya di bagian bawah memiliki kipas pendingin sendiri. 
Power supply unit (PSU) mengkonversi alternating current (AC) tenaga listrik untuk daya DC tegangan rendah untuk komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230 V dan 115 V. Model-model lain memiliki sensor otomatis yang beralih tegangan input secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas. Power supply unit yang digunakan dalam komputer hampir selalu beralih modus pasokan daya (SMP). Para SMP menyediakan diatur daya arus searah pada beberapa tegangan yang dibutuhkan oleh motherboard dan aksesoris seperti disk drive dan kipas pendingin. 
[Sunting] media perangkat 

Jenis- Jenis penyimpanan dalam computer

CD (compact disc) – tipe paling umum media yang dapat dilepas, cocok untuk musik dan data. 
CD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari CD. 
CD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data ke dan dari CD. 
DVD (digital disc serbaguna) – yang populer jenis media yang dapat dilepas adalah dimensi yang sama seperti CD tetapi menyimpan hingga 12 kali lebih banyak informasi. Ini adalah cara yang paling umum mentransfer video digital, dan sangat populer untuk penyimpanan data. 
DVD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari DVD. 
DVD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke DVD. 
DVD-RAM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk cepat menulis dan membaca data dari suatu jenis khusus DVD. 
Blu-ray Disc – kepadatan-tinggi optik disk format untuk data dan video high-definition.Dapat menyimpan 70 kali lebih banyak informasi sebagai CD. 
BD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari disk Blu-ray. 
BD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data ke dan dari disk Blu-ray. 
HD DVD – pesaing dihentikan ke format Blu-ray. 
Floppy disk – yang usang perangkat penyimpanan yang terdiri dari disk tipis fleksibel dari media penyimpanan magnetik. Hari ini terutama digunakan untuk memuat driver RAID. 
Iomega Zip drive – media kapasitas-usang sistem penyimpanan removable disk, pertama kali diperkenalkan oleh Iomega pada tahun 1994. 
USB flash drive – a flash memory perangkat penyimpanan data terintegrasi dengan interface USB, biasanya kecil, ringan, dilepas, dan ditulis ulang. Kapasitas bervariasi, dari ratusan megabyte (sama seperti ballpark CD) untuk puluhan gigabyte (melebihi, dengan biaya besar, cakram Blu-ray). 
Tape drive – sebuah perangkat yang membaca dan menulis data pada pita magnetik, digunakan untuk penyimpanan jangka panjang dan backup. 

Penyimpanan sekunder(Secondary Storage) 
Merupakan Hardware yang menyimpan data di dalam komputer untuk digunakan dan tetap teguh bahkan ketika komputer dalam keadaan mati. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut : 
Hard disk – untuk penyimpanan jangka menengah data. 
Solid-state drive – sebuah perangkat yang mirip dengan hard disk, tapi tanpa bagian yang bergerak dan menyimpan data dalam format digital. 
Array RAID controller – perangkat untuk mengelola beberapa disk internal atau external hard dan beberapa periferal opsional untuk mencapai peningkatan kinerja atau keandalan dalam apa yang disebut array RAID. 

Kartu suara(Sound Card) 
Memungkinkan komputer untuk output suara ke perangkat audio, serta menerima masukan dari mikrofon. Sebagian besar komputer modern memiliki kartu suara built-in untuk motherboard, meskipun umum bagi pengguna untuk menginstal kartu suara yang terpisah sebagai upgrade. Kebanyakan kartu suara, baik built-in atau ditambahkan, memiliki kemampuan surround sound. 
[Sunting] Input dan output peripheral 

 Peripheral, Jenis-jenis Input dan Output Device
Input dan output perangkat eksternal biasanya disimpan ke chassis komputer utama.Berikut ini adalah komponen standar atau yang umum untuk sistem komputer banyak. 

Perangkat Input (Input Device), terdiri dari :

Input device, contohnya :
Keyboard – perangkat untuk memasukkan teks dan karakter dengan menekan tombol (disebut sebagai tombol atau tombol).

Pointing Device, contohnya : 
Mouse – perangkat penunjuk yang mendeteksi dua dimensi gerak relatif ke permukaan pendukungnya. 

Optical Mouse – menggunakan cahaya untuk menentukan gerakan mouse. 
Trackball – sebuah perangkat yang terdiri dari sebuah bola housed terkena menonjol dalam soket yang mendeteksi sekitar dua sumbu rotasi. 

Layar sentuh – indra pengguna menekan langsung pada layar merupakan terobosan baru pada input device

 

Image, Video input device, contohnya :

Web cam – kamera video digunakan untuk memberikan masukan visual yang dapat dengan mudah ditransfer melalui internet. 


Audio input device , contohnya :
Mikrofon – sebuah sensor akustik yang memberikan masukan dengan mengkonversi suara menjadi sinyal listrik. 

Perangkat Output (Output Device)
Printer – sebuah perangkat yang menghasilkan teks terbaca-manusia permanen dari dokumen grafis. 
Speaker – biasanya sepasang perangkat (2 channel) yang mengkonversi sinyal listrik menjadi audio. 
Headphone – untuk single user pendengaran audio. 
Monitor – sebuah tampilan visual elektronik dengan informasi tekstual dan grafis dari komputer. 
CRT – (Cathode Ray Tube) layar tabung 
LCD – (Liquid Crystal Display) pada 2010, itu adalah tampilan visual utama untuk komputer pribadi. 
LED – (Dioda cahaya) layar 
OLED – Organic Light-Emitting Diode

 

Perkembangan Komputer

Dengan perkembangan jaman yang semakin pesat komputer yang konvensional pun mengalami evolusi yang sangat cepat. Tuntutan mobilitas menjadi tujuan utama. Perangkat komputer yang dulunya harus memiliki beberapa kriteria agar dapat bekerja dengan baik, input device contohnya : keyboard dan mouse, output device contohnya : monitor, communication device contohnya : wireless modem, system unit contohnya : CPU konvensional, dan storage device contohnya Harddisk, sekarang semua hardware komputer dapat dirangkum menjadi satu unit yang revolusioner dan terintegrasi hanya seukuran buku tulis yang tipis. Contoh yang teraktual adalah Ipad2 buatan Apple, Inc.

Adapun keunggulan hardware yang ditawarkan oleh Ipad2 adalah sebagai berikut :

1.Tipis dan ringan.

Setelah Anda mengambil iPad 2, itu akan sulit untuk meletakkan. Itulah ide di balik desain semua-baru. Ini 33 persen lebih tipis dan sampai 15 persen lebih ringan dari IPad sebelumnya, sehingga terasa lebih nyaman di tangan Anda Dan itu membuat berselancar web, memeriksa email, menonton film, dan membaca buku-buku begitu alami, Anda mungkin lupa ada teknologi yang luar biasa di bawah jari-jari Anda .

2. A5 dual-core chip, Lebih cepat dari Processor sebelumnya.

Prosesor Dual core yang kuat dalam satu chip A5 berarti iPad bisa melakukan dua kali pekerjaan sekaligus. Anda akan melihat perbedaan ketika Anda sedang surfing web, menonton film, membuat panggilan video FaceTime, game, dan pergi dari aplikasi ke aplikasi ke aplikasi. Multitasking lebih halus, aplikasi memuat lebih cepat, dan segala sesuatu hanya bekerja lebih baik

3. Grafis yang Supercepat.

Dengan sampai sembilan kali lipat performa grafis, gameplay di iPad bahkan halus dan lebih realistis. Dan grafis lebih cepat membantu aplikasi melakukan lebih baik – terutama mereka dengan video. Anda akan melihatnya ketika Anda sedang bergulir melalui perpustakaan foto, video editing dengan iMovie, dan animasi melihat di Keynote.

4. Baterai yang tahan lama, hingga 10 jam.

Bahkan dengan desain tipis dan ringan baru, iPad memiliki 10 jam baterai yang luar biasa. Chip A5 mengkonsumsi daya secara efisien.

5. Layar LED, dengan Tampilan  yang menakjubkan.

iPad dapat menampilkan gambar yang indah seukuran 9,7 inci, foto resolusi tinggi, film, halaman web, buku, dan banyak lagi. backlighting LED membuat semua yang anda lihat sangat tajam, jelas, dan cerah. Bahkan di tempat-tempat dengan cahaya rendah, seperti pesawat terbang. Ini dirancang untuk memamerkan segala sesuatu di potret dan lansekap, sehingga dengan setiap giliran (bahkan terbalik), layar menyesuaikan dapat menyesuaikannya dengan baik.Karena menggunakan teknologi layar disebut IPS (dalam pesawat switching), ia memiliki sudut 178 ° yang lebar. 

6. Multi-Touch, Semuanya di ujung jari Anda.

Teknologi terbaik pada saat itu terasa benar-benar alami, hampir seperti ada teknologi sama sekali. Itu Multi-Touch di iPad. Anda menggunakan jari Anda untuk melakukan semuanya, sehingga semua yang Anda lakukan – surfing web, mengetik email, membaca buku, dan menggesekkan melalui foto – menyenangkan lebih mudah dan lebih banyak lagi.Bagaimana cara kerjanya? Ketika jari-jari Anda menyentuh layar, maka indera mereka menggunakan medan listrik. Kemudian langsung mengubah keran Anda, gesekan, mencubit, dan film ke dalam tindakan hidup. Sama seperti itu.

7. IOS 4, Sistem yang paling canggih operasi mobile.

4 IOS adalah sistem operasi untuk iPad (bersama dengan iPhone dan iPod touch).Ini memungkinkan Anda mengakses, membaca, dan melihat semuanya hanya dengan menyentuh layar. Ini mencakup semua yang kuat, inovatif, dan menyenangkan built-in aplikasi yang Anda gunakan setiap hari, berkali-kali sehari.Dan itu platform yang lebih dari 65.000 aplikasi lain yang menakjubkan telah diciptakan untuk iPad. Ini sangat aman, stabil, dan responsif, dan itu dibuat untuk bekerja secara lancar dengan perangkat keras iPad. IOS 4 adalah alasan tidak ada perangkat lain belum mendekati iPad. 

8. Instant Aktif, menyenangkan dapat memulai dengan cepat.

Angkat iPad Anda, tekan tombol Home, dan bangun dari tidur langsung. Itu karena fitur iPad cepat, efisien, dan handal flash penyimpanan yang memungkinkan Anda mengakses data dengan cepat. Jadi semuanya mudah mata air untuk hidup.

9. Wi-Fi dan 3G, Dua cara yang bagus untuk tetap terhubung.

Setiap iPad dibangun dengan teknologi nirkabel canggih 802.11n. Ini secara otomatis menemukan jaringan Wi-Fi, yang Anda dapat bergabung dengan beberapa sentuhan. iPad juga tersedia dengan konektivitas 3G. Jadi jika Anda di suatu tempat tanpa Wi-Fi, seperti di luar ruangan dalam perjalanan berkemah atau di jalan, Anda masih bisa berselancar di web, cek email, atau mendapatkan petunjuk.  

10. Gyro, akselerometer, dan kompas, iPad tahu setiap langkah Anda.

Dengan built-in accelerometer, Anda dapat memutar iPad untuk potret atau lanskap, atau bahkan terbalik, dan apa pun yang Anda menonton, membaca, atau melihat menyesuaikan agar sesuai layar. Dan sekarang accelerometer, giroskop tiga sumbu, dan kompas bekerja bersama-sama. Mereka rasa yang iPad arah adalah pos dan bagaimana hal itu bergerak. Jadi game, peta, dan aplikasi lain tahu setiap twist Anda, putar, miring, dan 360. 

Referensi :

http://www.apple.com/ipad/

http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_computer_hardware

 

 

 

About sinsong

Try not to become a man of success but a man of value - Albert Einstein
This entry was posted in Assignment and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *